Namaku Kantong Udara Alias Air Bag

Kantung Udara Airbag Sewa Mobil Bogor

namaku kantong udara alias air bag

Halo safety driving community perkenalkan namaku kantong udara alias air bag. Aku memiliki kehidupan yang sangat unik karena hampir seluruh hidupku dihabiskan bersembunyi, dan hanya akan keluar ketika pengendara mobil membutuhkannya untuk menyelamatkan nyawa. Saya akan keluar selama beberapa detik untuk bertugas, dan setelah menyelamatkan nyawa pengendara lalu saya mati. Yuk kita simak penjelasan tentang Air Bag versi Andi Rent Car.

Masa Hidup Kantong Udara

Kantong udara merupakan bagian dari supplemental restraint system (SRS) pada sebuah mobil, yakni seperangkat alat keamanan yang akan mencegah penumpangnya mengalami benturan depan dan samping. Kantong udara telah digunakan pada tahun 1970-an, dan saat ini merupakan fasilitas standar pada hampir setiap mobil modern. Pada masa awal-awal kantong udara ditemukan, setiap produsen mobil mewajibkan pemilik mobil untuk mengecek kondisi kantong udaranya setiap 10 tahun atau 15 tahun sekali.

Pemeriksaan tersebut untuk mengecek apakah kantong udara masih dapat berfungsi dengan normal ketika terjadi tabrakan. Namun, seiring perkembangan teknologi, masa pemeriksaan kantong udara menjadi lebih panjang, bisa hingga 25 tahun sekali. Bahkan, pada mobil Mercedes yang diproduksi setelah tahun 1992 meyakini bahwa kantong udaranya dapat bekerja seumur hidup.

Cara Memeriksa

Pada mobil keluaran terbaru, pemilik mobil tak perlu repot-repot mengecek kondisi kantong udara setiap 20 tahun atau 25 tahun sekali, sebab mobil juga telah dilengkapi sistem yang akan mendiagnosis kondisi kantong udara. Berikut ini adalah pertanda dari mobil bagi Anda untuk memeriksakan kantong udara:

  1. Jika lampu SRS pada dashboard mobil menyala terus atau tidak menyala sama sekali, segera bawa mobil ke bengkel resmi untuk diperiksa. Lampu SRS ini akan menyala sebentar ketika mobil dihidupkan, dan akan kembali mati yang menandakan pemeriksaan komponen keselamatan telah selesai. Kantong udara hanya dapat diganti secara gratis jika mobil masih dalam masa garansi.
  2. Ketika membeli mobil bekas, periksa juga lampu SRS-nya. Cari tahu apakah lampu SRS berfungsi normal dalam memberikan peringatan kepada pemilik mobil.
  3. Periksa pula kondisi kantong udara jika Anda membeli mobil bekas. Tanyakan pada pemilik mobil sebelumnya apakah kantong udara tersebut pernah diganti atau tidak.
  4. Satu-satunya kantong udara resmi adalah yang dikeluarkan oleh produsen mobil Anda. Jangan pernah sekali-sekali mengganti kantong udara dengan yang dijual oleh pihak ketiga.

Untuk informasi sentra layanan “Safety Driving” sewa mobil bogor Car silahkan hubungi dilayanan kami berikut Mobile  : 081318642003 / 08561503008 / 087808271919. Pin BB : 5A5D4C3B. Facebook: sewa mobil bogor. Twitter: @rentcarbogor. Email: sewamobilmurahbogor@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *